Headlines News :
Home » » Proposal Kewirausahaan Keripik Balado

Proposal Kewirausahaan Keripik Balado

Written By Unknown on Sabtu, 21 Maret 2015 | 13.14










BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Kewirausahaan adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya atau usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui inovasi yang baru dan berbeda  dengan yang lain untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan ide baru, menemukan cara berpikir yang baru  untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru dan yang lebih efisien yang diinginkan oleh peminat, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada(menginovasi), dan menemukan ide baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, dan berani menaggung resiko.
Sampai pada saat ini, kewirausahaan masih terus melekat dan berjalan dengan baik. Oleh sebab itu dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas, Kita ditantang bukan hanya untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang siap bekerja, tetapi  harus mampu mempersiapkan diri dan membuka lapangan kerja baru.
Membuka dan memperluas lapangan kerja baru merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendesak. Oleh karena itu, diperlukakan berbagai kebijaksanaan pemerintah yang mendukung adanya pendidikan kewirausahaan yang dapat membantu menangani masalah penciptaan lapangan kerja baru.
Adapun tujuan kami praktik Wirausaha ini salah satu adalah untuk lebih mengenalakan produk produk kuliner khas nusantara untuk diperkenalkan kepada khal layak ramai.
Alasan kami memilih usaha  Keripik Balado adalah disamping proses pembuatan mudah selain itu juga digemari masyarakat awam, selain sebagai camilan, makanan renyah ini juga cocok dinikmati saat santai bersama keluarga.
a.       Menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa.
b.      Meningkatkan inovasi serta kreatifitas dalam dunia usaha
c.       Belajar agar bisa melakukan sebuah kerjasama dengan orang lain
d.      Belajar bagaimana cara untuk membuat sebuah perizin usaha.
e.       Untuk melatih kami dalam berwirausaha sehigga kami bisa hidup mandiri.



 












BAB II

PEMBAHASAN



A.      Deskripsi Produk


Produk yang akan dijual pada usaha ini adalah Keripik Balado dengan rasa original. Produk ini aman dan tidak mengganggu kesehatan, karna bahan bahan yang digunakan tidak mengandung bahan bahan kimia berbahaya. Kesehatan konsumen merupakan tujuan utama kami.

B.       Analisis Persaingan dan Target Pasar

Harga jual produk Rp 2000/bungkus. Dalam penetapan harga kami telah merincikan dengan rumusan BEP, dimana rumusan terlampir. diinginkan dan akan menjaga kualitas produk tersebut. Dengan harga tersebut cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.

C.      Aspek Mekanisme Operasional Produk


a.       Mempersiapkan produksi Keripik.
b.      Pemekingan Produk
c.       Pemasaran Produk

D.    Aspek Rencana Pemasaran Produk


Tempat atau lokasi penjualan peluang usaha yang kami jalankan saat ini bertempat di asrama PPGT, selain itu kami juga mengikuti beberapa pameran berupa bazar.






E.           Aspek Rencana Anggaran dan Keuangan


Modal awal kami membuka usaha ini adalah sebesar  Rp 400.000
Rencana biaya usaha yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut:
Alat dan Bahan
Unit
Harga
Listrik
Per bulan
Rp. 20.000,00
Gas LPG 3 kg
1 buah
Rp. 27.000,00
Priuk
1 buah
Rp. 60.000,00
Sendok Goreng
1 buah
Rp. 10.000,00
Baskom
2 buah
Rp. 10.000,00
Saringan
1 buah
Rp. 12.000,00
Garam
1 bungkus
Rp. 2.000,00
Pisau
4 buah
Rp. 4000,00
cabai
1 Kg
Rp. 25.000,00
singkong
6 Kg
Rp.18.000,00
Uang Tenaga Kerja
4 orang
Rp. 80.000,00
Jumlah

Rp. 268.000,00
Perkiraan Laku perhari
50 buah
Rp. 100.000,00

Menghitung BEP:

Untuk mendapat Keuntungan maka kami menjual Rp.1000/bungkus

Keuntungan
Pemasukan : 120 x 1000 = Rp. 120.000
Keuntungan    = . 120.000 – 268.000   = Rp.-148.000
Berarti sekali produksi menghasilkan Rp.120.000
Berarti 2 kali produksi baru bisa balik modal



F.       Proses Produksi
Dalam Proses Produksi kami menggunakan 3 metode
1.      Proses Produksi
Proses produksi  langsung kami lakukan di Lokasi usaha, dengan bahan yang segar dan aman, proses produksi yang hieginis.

Dokumentasi Proses Produksi


















2.      Pengemasan
Pengemasan kami lakukan secara langsung dilokasi usaha, pemackingan produk kami gunakan plastik, dengan  sistem penjualan perbungkus.
Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205095334.jpgDescription: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205095345.jpg
















Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205095408.jpgDescription: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205095359.jpg















Gambar Dokumentasi Pengemasan Product








G.    Strategi Pemasaran

Pemasaran yang kami lakukan menggunakan beberapa metode diantaranya adalah sebagai berikut :


1.      Mengikuti Bazar
Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\DSC_0305.JPGDescription: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205202014.jpgSalah satu meteode pemasaran yang kami gunakan adalah menjual langsung  kekonsumen, salah satunya adalah mengikuti beberapa bazar. Dari beberapa bazar yang telah kami ikuti diantaranya adalah FT Fair 2014 Dan Paregreks Jurusan Teknik Sipil. Hasilnya juga cukup memuaskan dengan produk yang laku cukup bagus. Berikut dokumentasi bazar :






Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205202004.jpgDescription: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205202032.jpg














Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20150106231516.jpgDescription: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205202024.jpg














Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205202047.jpg
Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20141205202045.jpg






























2.      Metode Bermitra dengan Warung Kopi
Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20150106231627-1.jpgDescription: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\IMG20150106231627.jpgSelain berjualan langsung  dengan mengikuti bazar, kami juga memasarkan produk dengan cara bermitra dengan warung sekitar, dengan melihat  banyaknya pemuda yang akan nongkrong dan minum kopi, maka peluang itu cukup bagus untuk usaha kami, salah satu warung yang kami mitrai adalah “ Warung Mas Slamet” , dengan pembagian 20 : 80 dari hasil penjualan. berikut dokumentasi lokasi “ Warung Mas Slamet”.














3.      Media Massa
Selain secara langsung, kami juga menggunakan media sosial sebagai ajang mempromosikan produk kami, media sosial itu seperti BBM, karna zaman sekarang manusia cenderung menggunakan smartphone digunakan dalam sehari hari.
Description: E:\SEMESTER II\Drs. Ir. Soeparno, MT\Screenshot_2015-01-07-00-17-51.png








Gambar Promosi dengan Media Online






H.    Laporan Keuangan



LAPORAN KEUANGAN



Total
Pengeluaran
Listrik
Rp. 20.000,00


Gas LPG 3 kg
Rp. 27.000,00


Priuk
Rp. 60.000,00


Sendok Goreng
Rp. 10.000,00


Baskom
Rp. 10.000,00


Saringan
Rp. 12.000,00


Garam
Rp. 2.000,00


Pisau
Rp. 4000,00


cabai
Rp. 25.000,00


singkong
Rp.18.000,00


Uang Tenaga Kerja
Rp. 80.000,00


Upah bayar
Rp. 5.000,00


Total
Rp. 274.000,00
Rp. 274.000,00




Pemasukan
Yang terjual =120
Rp. 120.000,00
Rp. 120.000,00
Jadi total kerugian
Rp. 154.000,00


I.         Analisi SWOT

ANALISIS SWOT

STREANGHT ( Kekuatan )

1.      Kami mepunyai usaha yang menarik yaitu makanan khas daerah
2.      Bahannya mudah didapat
3.      Memiliki bahan – bahan yang tidak mengandung zat pewarna
4.      Bisa dimakan oleh anak – anak hingga dewasa
5.      Bisa untuk sebagai cemilan makanan
6.      Rasanya yang enak kriuk kriuk




WEAKNESS ( Kelemahan )
1.      Produk ini adalah makanan tradisional jadi agak susah bersaing dijaman yang modern
2.      Usaha ini mengandung bahan minyak jadi orang akan membatasi memakannya

OPPORTUNITY ( Peluang )
1.      Usaha yang kami produksi masih jarang dipasarkan, kesempatan besar membuat usaha ini lebih maju dengan kreasi dan inovasi baru maka usaha ini akan bisa menguasai pasar

TREATS ( Ancaman )
1.      Kepopuleran keripik balado masih kalah popular dengan keripik – keripik jenis lainnya
2.      Adanya banyak pesaing dipasar
3.      Ketidakpercayaan sesama anggota












BAB III
KESIMPULAN

A.    Kesimpulan
Usaha ini merupakan salah satu motivasi bagi kami untuk bisa hidup mandiri berinovatif, bernegoisasi, mendapatkan banyak sumber, dan mampu berinteraksi dengan banyak orang dalam menjalankan usaha. Untuk memulainya usaha ini tidak seharusnya memerlukan modal yang cukup besar tetapi bisa usaha dengan modal yang secukupnya, hanya bagaimana cara kita bisa dapat mengolah modal tersebut sehingga usahanya itu berjalan dengan lancar. Usaha ini juga merupakan salah satu untuk membuka dan memperluas lapangan kerja baru. Oleh karena itu, diperlukakan berbagai kebijaksanaan pemerintah yang mendukung adanya pendidikan kewirausahaan yang dapat membantu menangani masalah penciptaan lapangan kerja baru.

B.     Saran

Meskipun usaha yang saya jalankan pada saat ini termasuk usaha yang tidak besar tetapi mungkin kedepan saya akan lebih memperdalam usaha saya ini sehingga bisa menjadi saebuah usaha yang layak dilihat oleh orang lain dan bisa dikatakan orang bahwa usaha ini sudah termasuk sebuah usaha yang agak besar. Dan harapan saya, laporan yang saya buat ini belum begitu lengkap dan sempurna, sehingga kritik dan saran yang membangun dari teman-teman atau yang membaca laporan ini, saya terima dan kedepannya mungkin saya akan lebih baik lagi dalam menyusun laporan dalam bentuk apapun.



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. E Learning Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger