BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kewirausahaan adalah orang yang pandai atau berbakat
mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk
mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya atau
usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber
melaui inovasi yang baru dan berbeda dengan yang lain untuk memenangkan persaingan.
Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi
baru, menemukan ide baru, menemukan cara berpikir yang baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru dan
yang lebih efisien yang diinginkan oleh peminat, memperbaiki produk dan jasa
yang sudah ada(menginovasi), dan menemukan ide baru untuk memberikan kepuasan
kepada konsumen, dan berani menaggung resiko.
Sampai pada saat ini, kewirausahaan masih terus
melekat dan berjalan dengan baik. Oleh sebab itu dalam rangka menghadapi era
perdagangan bebas, Kita ditantang bukan hanya untuk mempersiapkan sumberdaya
manusia yang siap bekerja, tetapi harus
mampu mempersiapkan diri dan membuka lapangan kerja baru.
Membuka dan memperluas lapangan kerja baru
merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendesak. Oleh karena itu,
diperlukakan berbagai kebijaksanaan pemerintah yang mendukung adanya pendidikan
kewirausahaan yang dapat membantu menangani masalah penciptaan lapangan kerja
baru.
Adapun tujuan kami praktik Wirausaha ini salah
satu adalah untuk lebih mengenalakan produk produk kuliner khas nusantara untuk
diperkenalkan kepada khal layak ramai.
Alasan kami memilih usaha Keripik Balado adalah disamping proses
pembuatan mudah selain itu juga digemari masyarakat awam, selain sebagai
camilan, makanan renyah ini juga cocok dinikmati saat santai bersama keluarga.
a.
Menumbuh
kembangkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa.
b.
Meningkatkan inovasi serta kreatifitas dalam dunia usaha
c.
Belajar agar bisa melakukan sebuah kerjasama dengan orang lain
d. Belajar bagaimana cara untuk membuat sebuah perizin
usaha.
e.
Untuk melatih kami
dalam berwirausaha sehigga kami bisa hidup mandiri.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Deskripsi
Produk
Produk yang akan dijual pada usaha ini adalah Keripik
Balado dengan rasa original. Produk ini
aman dan tidak mengganggu kesehatan, karna bahan bahan yang digunakan tidak mengandung
bahan bahan kimia berbahaya. Kesehatan konsumen merupakan tujuan utama kami.
B.
Analisis
Persaingan dan Target Pasar
Harga jual produk Rp 2000/bungkus. Dalam
penetapan harga kami telah merincikan dengan rumusan BEP, dimana rumusan
terlampir. diinginkan dan akan menjaga kualitas produk tersebut. Dengan harga
tersebut cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.
C.
Aspek Mekanisme Operasional Produk
a.
Mempersiapkan
produksi Keripik.
b.
Pemekingan Produk
c.
Pemasaran Produk
D.
Aspek Rencana Pemasaran Produk
Tempat atau
lokasi penjualan peluang usaha yang kami jalankan saat ini bertempat di asrama
PPGT,
selain itu kami juga mengikuti beberapa pameran berupa bazar.
E.
Aspek Rencana Anggaran dan Keuangan
Modal awal kami
membuka usaha ini adalah sebesar Rp 400.000
Rencana biaya usaha yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut:
Alat
dan Bahan
|
Unit
|
Harga
|
Listrik
|
Per bulan
|
Rp. 20.000,00
|
Gas LPG 3 kg
|
1 buah
|
Rp. 27.000,00
|
Priuk
|
1 buah
|
Rp. 60.000,00
|
Sendok Goreng
|
1 buah
|
Rp. 10.000,00
|
Baskom
|
2 buah
|
Rp. 10.000,00
|
Saringan
|
1 buah
|
Rp. 12.000,00
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp. 2.000,00
|
Pisau
|
4 buah
|
Rp. 4000,00
|
cabai
|
1 Kg
|
Rp. 25.000,00
|
singkong
|
6 Kg
|
Rp.18.000,00
|
Uang Tenaga Kerja
|
4 orang
|
Rp. 80.000,00
|
Jumlah
|
Rp. 268.000,00
|
|
Perkiraan Laku perhari
|
50 buah
|
Rp. 100.000,00
|
Menghitung BEP:
Untuk
mendapat Keuntungan maka kami menjual Rp.1000/bungkus
Keuntungan
Pemasukan : 120 x 1000 = Rp. 120.000
Keuntungan = . 120.000 –
268.000 = Rp.-148.000
Berarti sekali produksi menghasilkan Rp.120.000
Berarti 2 kali produksi baru bisa balik modal
F.
Proses Produksi
Dalam
Proses Produksi kami menggunakan 3 metode
1.
Proses
Produksi
Proses
produksi langsung kami lakukan di Lokasi
usaha, dengan bahan yang segar dan aman, proses produksi yang hieginis.
Dokumentasi
Proses Produksi
2.
Pengemasan
Pengemasan
kami lakukan secara langsung dilokasi usaha, pemackingan produk kami gunakan
plastik, dengan sistem penjualan
perbungkus.
Gambar Dokumentasi
Pengemasan Product
G. Strategi Pemasaran
Pemasaran yang kami lakukan menggunakan beberapa
metode diantaranya adalah sebagai berikut :
1.
Mengikuti Bazar
Salah satu meteode pemasaran yang kami gunakan adalah menjual langsung kekonsumen, salah satunya adalah mengikuti
beberapa bazar. Dari beberapa bazar yang telah kami ikuti diantaranya adalah FT
Fair 2014 Dan Paregreks Jurusan Teknik Sipil. Hasilnya juga cukup memuaskan
dengan produk yang laku cukup bagus. Berikut dokumentasi bazar :
2.
Metode Bermitra dengan
Warung Kopi
Selain berjualan
langsung dengan mengikuti bazar, kami
juga memasarkan produk dengan cara bermitra dengan warung sekitar, dengan
melihat banyaknya pemuda yang akan
nongkrong dan minum kopi, maka peluang itu cukup bagus untuk usaha kami, salah
satu warung yang kami mitrai adalah “ Warung Mas Slamet” , dengan pembagian 20
: 80 dari hasil penjualan. berikut dokumentasi lokasi “ Warung Mas Slamet”.
3. Media Massa
Selain secara langsung, kami juga menggunakan media
sosial sebagai ajang mempromosikan produk kami, media sosial itu seperti BBM,
karna zaman sekarang manusia cenderung menggunakan smartphone digunakan dalam
sehari hari.
Gambar Promosi dengan Media Online
H.
Laporan Keuangan
LAPORAN KEUANGAN
Total
|
|||
Pengeluaran
|
Listrik
|
Rp. 20.000,00
|
|
Gas LPG 3 kg
|
Rp. 27.000,00
|
||
Priuk
|
Rp. 60.000,00
|
||
Sendok Goreng
|
Rp. 10.000,00
|
||
Baskom
|
Rp. 10.000,00
|
||
Saringan
|
Rp. 12.000,00
|
||
Garam
|
Rp. 2.000,00
|
||
Pisau
|
Rp. 4000,00
|
||
cabai
|
Rp. 25.000,00
|
||
singkong
|
Rp.18.000,00
|
||
Uang Tenaga Kerja
|
Rp. 80.000,00
|
||
Upah bayar
|
Rp. 5.000,00
|
||
Total
|
Rp.
274.000,00
|
Rp. 274.000,00
|
|
Pemasukan
|
Yang
terjual =120
|
Rp.
120.000,00
|
Rp. 120.000,00
|
Jadi total kerugian
|
Rp. 154.000,00
|
I.
Analisi
SWOT
ANALISIS SWOT
STREANGHT ( Kekuatan )
1.
Kami mepunyai usaha
yang menarik yaitu makanan khas daerah
2.
Bahannya mudah didapat
3.
Memiliki bahan – bahan
yang tidak mengandung zat pewarna
4.
Bisa dimakan oleh anak
– anak hingga dewasa
5.
Bisa untuk sebagai
cemilan makanan
6.
Rasanya yang enak kriuk
kriuk
WEAKNESS ( Kelemahan )
1.
Produk ini adalah
makanan tradisional jadi agak susah bersaing dijaman yang modern
2.
Usaha ini mengandung
bahan minyak jadi orang akan membatasi memakannya
OPPORTUNITY ( Peluang )
1.
Usaha yang kami
produksi masih jarang dipasarkan, kesempatan besar membuat usaha ini lebih maju
dengan kreasi dan inovasi baru maka usaha ini akan bisa menguasai pasar
TREATS ( Ancaman )
1.
Kepopuleran keripik balado
masih kalah popular dengan keripik – keripik jenis lainnya
2.
Adanya banyak pesaing
dipasar
3.
Ketidakpercayaan sesama
anggota
BAB III
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Usaha ini merupakan salah satu motivasi bagi kami
untuk bisa hidup mandiri berinovatif, bernegoisasi, mendapatkan banyak sumber,
dan mampu berinteraksi dengan banyak orang dalam menjalankan usaha. Untuk
memulainya usaha ini tidak seharusnya memerlukan modal yang cukup besar tetapi
bisa usaha dengan modal yang secukupnya, hanya bagaimana cara kita bisa dapat
mengolah modal tersebut sehingga usahanya itu berjalan dengan lancar. Usaha ini
juga merupakan salah satu untuk membuka dan memperluas lapangan kerja baru.
Oleh karena itu, diperlukakan berbagai kebijaksanaan pemerintah yang mendukung
adanya pendidikan kewirausahaan yang dapat membantu menangani masalah
penciptaan lapangan kerja baru.
B. Saran
Meskipun usaha yang saya jalankan pada saat ini
termasuk usaha yang tidak besar tetapi mungkin kedepan saya akan lebih
memperdalam usaha saya ini sehingga bisa menjadi saebuah usaha yang layak
dilihat oleh orang lain dan bisa dikatakan orang bahwa usaha ini sudah termasuk
sebuah usaha yang agak besar. Dan harapan saya, laporan yang saya buat ini
belum begitu lengkap dan sempurna, sehingga kritik dan saran yang membangun
dari teman-teman atau yang membaca laporan ini, saya terima dan kedepannya
mungkin saya akan lebih baik lagi dalam menyusun laporan dalam bentuk apapun.
Posting Komentar